PENINGKATAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS DENGAN
KETERAMPILAN MEMBACA

Oleh : Rista Hapsari Kusumaningrum, S.Pd.
Guru Bahasa Inggris Kelas X SMK Negeri 1 Bangsri, Jepara,
Jawa Tengah

Keterampilan Membaca Bahasa Inggris merupakan keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. karena merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa belajar bahasa. Dengan keterampilan membaca yang baik, siswa dapat memiliki kemampuan untuk memahami teks bacaan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah. Siswa harus mampu memahami teks yang dibacanya dan mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut (Iskandar, 2017).

Dalam kaitannya dengan kemampuan membaca, ada enam pertanyaan pasca-membaca tradisional, yaitu Apa? Who? Mengapa? Di mana? Kapan? Bagaimana?. Keenam pertanyaan di atas harus dapat dijawab oleh seorang siswa ketika selesai membaca sebuah teks. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat negara maju ditandai dengan berkembangnya budaya membaca. Negara-negara dengan masyarakat yang maju dan kuat, seperti Amerika, Jepang, Australia, Prancis dan sebagainya, memiliki kebiasaan membaca yang tinggi di masyarakatnya. Sementara itu, masyarakat di negara berkembang ditandai dengan kemampuan membaca yang rendah dan budaya membaca yang belum tertanam dengan baik (Nurhidayah, 2018).

Berdasarkan uraian di atas, kelas X mata pelajaran bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Bangsri Jepara berupaya meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris dengan keterampilan membaca.

Menurut Iskandarwassid, dkk (2018) “Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan makna dari apa yang tertulis dalam teks. Untuk itu, selain harus menguasai bahasa yang digunakan, seorang pembaca perlu menguasai bahasa yang digunakan, seorang pembaca perlu menguasai bahasa yang digunakan. untuk juga mengaktifkan berbagai proses mental dalam sistem kognisinya.” Dengan demikian, membaca bukanlah kegiatan yang sederhana seperti yang dipikirkan banyak orang. Kegiatan membaca bukan hanya kegiatan tampak, dalam hal ini siswa melihat sebuah teks, membacanya setelah itu diukur dengan kemampuan menjawab rangkaian pertanyaan yang disusun mengikuti teks tersebut sebagai alat evaluasi, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan dari luar pembaca. Pengajaran membaca harus memperhatikan kebiasaan berpikir yang teratur dan baik, proses, ingatan, pemikiran, imajinasi, pengorganisasian, penerapan, dan pemecahan masalah.

Menurut Iskandarwassid (2018), Struktur sikap terdiri dari tiga komponen yang saling mendukung, yaitu komponen kognitif yaitu representasi dari apa yang diyakini oleh individu pemilik sikap, komponen afektif yaitu perasaan yang berkaitan dengan aspek emosional, komponen konatif yaitu aspek kecenderungan untuk berperilaku sesuai dengan sikap tertentu. sikap yang dimiliki seseorang. Konsistensi antara keyakinan sebagai komponen kognitif perasaan sebagai komponen afektif dan kecenderungan perilaku sebagai komponen konatif sebagaimana dikemukakan di atas menjadi dasar untuk menyimpulkan sikap yang tercermin dari jawaban skala sikap. Dalam pengajaran bahasa, sikap terhadap bahasa yang dipelajari melibatkan ketiga aspek tersebut.

Membaca adalah aktivitas fisik dan mental. Melalui membaca informasi dan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan dapat diperoleh. Itulah motivasi utama yang dapat mendorong tumbuhnya minat baca. Jika minat itu sudah tumbuh dan berkembang, dalam arti siswa yang bersangkutan sudah mulai suka membaca, maka kebiasaan membaca akan berkembang.

Pelaksanaan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas X di SMK Negeri 1 Bangsri Jepara pembelajaran diawali dengan penataan ruang kelas yang sesuai untuk kegiatan keterampilan membaca oleh masing-masing kelompok. Tempat duduk diatur dalam kelompok. Pembelajaran dimulai dengan tanya jawab guru dan siswa 1) Topik/(Tema), 2) Gagasan Utama/(Gagasan Utama), 3) (Informasi Kesimpulan), 4) Tujuan/(Tujuan, Tujuan), Siswa merespon dengan menyampaikan beberapa kalimat. Setelah itu, penerapan keterampilan membaca dimulai. Berdasarkan kesepakatan bahwa kelompok yang tampil sama dengan nomor kelompok, maka kelompok 1 akan muncul terlebih dahulu, disusul kelompok 2, kelompok 3, dan terakhir kelompok 4.

Ada hubungan yang erat antara guru dan siswa, ketika siswa berkoordinasi tentang hal-hal yang perlu ditingkatkan ketika mereka belajar membaca. Siswa dengan perasaan tanpa rasa takut, tampak santai namun serius dalam menjawab pertanyaan bacaan sesuai dengan kemampuan pemahamannya, suasanapun tampak akrab.

Dari hasil kegiatan penggunaan keterampilan membaca dapat disimpulkan sebagai berikut: Keterampilan membaca merupakan model pembelajaran yang tepat, karena siswa termotivasi untuk meningkatkan kualitas pemahaman teks pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini terlihat ketika siswa membaca kalimat, mereka mendapatkan banyak materi kosa kata grammar. Dengan keterampilan membaca siswa dalam memahami teks atau kalimat, kosakata siswa akan meningkat, dan pemahaman tata bahasa akan lebih baik. Selain untuk meningkatkan pemahaman grammar. Semakin terampil siswa dalam memahami kalimat dengan kosa kata yang tepat, maka mereka akan semakin terampil dalam memahami teks bahasa Inggris.

Adanya peningkatan rasa ingin tahu dan percaya diri untuk dapat memahami dan memahami makna dalam teks, oleh karena itu keterampilan membaca mengkondisikan siswa untuk selalu dapat memahami dan memahami teks bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, khususnya yang berbentuk teks / kalimat, sehingga secara tidak langsung menumbuhkan minat, rasa percaya diri dan rasa ingin tahu siswa dalam memahami teks.

Dengan demikian, upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris dengan keterampilan membaca pada siswa kelas X mata pelajaran bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Bangsri Jepara berhasil.

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208706
Users Today : 896
This Month : 896
Total Users : 208706
Total views : 462621