PENINGKATAN LAYANAN BK
DI MASA PANDEMI
MENGGUNAKAN MOODLE

Oleh : Wiartiningsih, S.Pd.
Guru BK SMPN 17 Surakarta,
Jawa Tengah

Pandemi Covid 19 belum dapat diatasi sepenuhnya baik di dunia maupun di Indonesia. Salah satu yang terdampak akibat pandemi adalah dunia pendidikan. Gejala yang tampak dan sering dikeluhkan oleh orang tua dan guru adalah penurunan karakter peserta didik. Contoh yang nyata adalah karakter kedisiplinan. Karakter kedisiplinan selama pandemi hanya dipantau dari tugas yang dikerjakan peserta didik. Pada kenyatannya, peserta didik yang disiplin mengerjakan tugas sekitar 40% (12-14 orang dari 32 peserta didik) tiap kelas. Selain itu, peserta didik sering mengeluhkan bahwa guru hanya memberikan tugas saja  dan kesulitan mengerjakan tugas tersebut secara daring.

Menyikapi hal-hal tersebut, KEMENDIKBUD RISTEK memulai pertemuan tatap muka mulai Juli 2021. Tujuannya agar penurunan karakter dan kualitas pendidikan tidak semakin terpuruk. Pertemuan tatap muka yang sudah dimulai wajib mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah menjaga jarak tempat duduk dan peserta didik yang masuk sekolah dilakukan secara bergantian dengan kapasitas 50% tiap kelas (14-16 peserta didik). Ketentuan ini berimplikasi bahwa ada 50% peserta didik masih melakukan pembelajaran secara daring.

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan proses pemberian bantuan kepada peserta didik agar bakat, minat dan potensinya dapat berkembang secara optimal. Hal ini sangat berkaitan erat dengan  karakter peserta didik. Meskipun secara daring, layanan bimbingan dan konseling perlu dilakukan untuk mengurangi penurunan pengembangan karakter peserta didik. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling adalah MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environmental). MOODLE merupakan platform LMS (Learning Management System).

Proses awal penyiapan MOODLE memerlukan admin yang berperan sebagai pengelola yakni mengaktivasi akun baik guru atau peserta didik. Setelah itu, penyiapan kelas per mapel dan per tingkat, termasuk BK. Dalam penggunaan MOODLE untuk layanan bimbingan dan konseling, guru BK memberikan berbagai materi. Materi dapat berupa tertulis baik dalam format words, power point (ppt) yang dikemas dalam bentuk video sendiri maupun bersumber dari youtube yang sudah diunduh terlebih dahulu. Materi yang disampaikan antara lain: (1) Sikap adaptif di masa pandemi; (2) Perilaku hidup bersih dan sehat; (3) Sikap proaktif di masa pandemi; (4) Cara mengatasi prokrastinasi; (5) Sikap terhadap lingkungan di masa pandemi; (6) Games online di kalangan remaja; (7) Stop bullying di media sosial; dan (8) Trend teknologi yang berkembang di masa pandemi.

Pemberian tugas BK melalui MOODLE beraneka macam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kejenuhan peserta didik. Guru BK dapat memberikan tugas kepada peserta didik dalam bentuk teka teki silang (TTS), kuis (pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan) atau pun jawaban dalam bentuk uraian. Bentuk tugas BK dapat dimanfaatkan untuk menggali permasalahan peserta didik, sedangkan cara peserta didik memberikan jawaban dapat dibuat bervariasi, dapat menjawab langsung (dalam bentuk kuis), mengetik secara online (dalam bentuk tugas) bahkan dapat upload foto/gambar/file yang menarik.

Salah satu hal yang menarik dari sistem MOODLE adalah adanya fitur nilai yang dapat diakses oleh orang tua peserta didik. Fitur ini dapat digunakan orang tua untuk memantau tugas yang telah diselesaikan oleh peserta didik. Dengan begitu baik guru maupun orang tua dapat memberikan evaluasi sejak dini tentang pembelajaran daring yang diikuti peserta didik. Selain fitur nilai, terdapat pula fitur chat yang peserta didik dan guru BK dapat berkomunikasi secara tertulis.

Berdasarkan evaluasi dini tersebut dapat dilakukan tindak lanjut oleh guru BK. Misalkan ada peserta didik jarang atau tidak pernah mengikuti pembelajaran daring maka guru BK bekerjasama dengan wali kelas dapat menghubungi orang tua dan peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik. Jika peserta didik mengalami kesulitan tentang cara pengerjaan tugas di MOODLE maka disediakan layanan konsultasi melalui Whats App atau peserta didik datang langsung untuk bertemu guru BK dengan pengaturan waktu yang disepakati.

Berdasarkan pemaparan di atas walau pun di tengah masa pandemi, layanan bimbingan dan konseling masih dapat dilakukan. Sistem MOODLE adalah salah satu alternatif solusi.

 

 

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208626
Users Today : 816
This Month : 816
Total Users : 208626
Total views : 462541