LATIH KEMANDIRIAN SISWA
DENGAN METODE FLIPPED
CLASSROOM MATERI FUNGSI KIMIA
DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Oleh : Dra. Sri Astuti
Guru Kimia SMK Negeri 1 Gondang

Dewasa ini tidak sedikit guru yang kesulitan dalam mengajarkan keseluruhan materi pelajaran kepada siswa. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan banyaknya materi yang terdapat di kurikulum menjadikan tantangan sendiri tidak hanya oleh siswa akan tetapi juga Guru yang mengajarkan materi tersebut.

Tentu saja hal ini membuat guru berpikir keras apa yang harus dilakukan agar layanan pendidikan tetap berjalan dengan baik. Dengan kondisi tersebut, sangat mungkin juga siswa kewalahan untuk mengejar materi. Padahal jam pelajaran juga padat dan siswa tidak hanya belajar satu pelajaran saja dikelas.

Oleh karena itu, pada kondisi seperti ini, para kepala sekolah dan guru terus mencari model pembelajaran efektif dan efisien digunakan pada kondisi di tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat menghasilkan hasil belajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum maka ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan. Model tersebut adalah model pembelajaran terbalik (Flipped Classroom). Pada tulisan ini penulis yang juga sebagai guru pengajar aktif materi pelajaran kimia akan menjelaskan apa itu pembelajaran terbalik, seperti apa prosedurnya, langkah-langkahnya, sampai tautan video, dan video yang menjelaskan tentang pembelajaran terbalik ini.

Flipped Classroom Sebagai Sebuah Metode

Apa yang dimaksud dengan flipped classroom? Flipped classroom adalah sebuah metode pengajaran dimana proses pengajarannya dilakukan secara terbalik, yakni siswa mempelajari terlebih dahulu materi sebelum akhirnya dibahas oleh guru.

Sesuai dengan definisi di atas, maka flipped classroom dimulai tidak ketika guru memperkenalkan materi, tetapi ketika guru memberikan bahan materi kepada siswa untuk dipelajari terlebih dahulu. Di rumah, atau dimanapun, siswa dapat memahami terlebih dahulu materi yang akan dibahas, untuk kemudian mengeksplorasinya lebih jauh ketika nanti kelas dimulai.

Sebagai sebuah metode pembelajaran yang melatih kemandirian siswa, fipped classroom memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut antara lain;

  1. Siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar
  2. Siswa dapat lebih memahami materi yang akan diajarkan.
  3. Proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.
  4. Materi dapat dieksplorasi dengan lebih dalam.
  5. Dapat mengarah ke pembelajaran menyenangkan (fun learning)

Langkah Penerapan Pada Materi Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari

Lantas bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan metode flipped classroom? Sangat mudah. Berikut adalah garis besarnya :

  1. Guru dan pihak sekolah membuat sebuah media sebagai sumber belajar siswa.
  2. Guru membagikan media tersebut (dapat berupa video, podcast, had-out, dll)
  3. Siswa mempelajari materi dari media tersebut sebelum kelas dimulai.
  4. Kelas dimulai, siswa yang sudah dibekali pengetahuan (bukan zero knowledge) dapat mengeksplorasi dan mengelaborasi materi lebih dalam dan luas.

Dalam kaitannya, metode ini dapat diterapkan pada materi Kimia dikehidupan sehari-hari. Pemahaman menjadi lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung didalamnya serta mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna bagi manusia. Secara khusus ilmu kimia mempunyai peranan sangat penting di kehidupan kita sehari-hari.

Seperti yang dijutip dari kelaspintar.id Kimia memiliki peran penting dalah kehidupan kita. Ilmu kimia di dalam bidang pertanian dimanfaatkan untuk membuat pupuk guna meningkatkan kesuburan tanah dan memberi nutrisi yang diperlukan tanaman. Hal ini dilakukan agar para petani bisa memanen tanaman mereka dengan lebih baik.

Ilmu kimia juga bisa dimanfaatkan dalam bidang industri, salah satunya dalam industri pangan. Dimana, ilmu kimia menjadi alat bantu meningkatkan mutu dan persediaan pangan dan penggunaan. Disamping itu, bisa dimanfaatkan untuk membuat mesin-mesin besar yang membutuhkan logam baik.

Dalam kehidupan sehari-hari tidak jauh dari kimia seperti sabun yang digunakan untuk mandi, detergen yang digunakan untuk mencuci, atau garam dapur yang digunakan untuk memasak itu semua adalah bahan-bahan kimia.

Dengan metode pembelajaran Flipped Classroom, materi kimia ini dapat diajarkan dengan baik. Siswa tidak hanya mendengarkan materi yang diajarkan oleh guru saja, namun juga dapat aktif mencari tahu materi tersebut.

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208575
Users Today : 765
This Month : 765
Total Users : 208575
Total views : 462490