METODE PEMBELAJARAN
MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL
ANGKA UNTUK PENINGKATAN
KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA

Oleh : Muntamah, S.Pd.
Guru Kelompok A1 TK ABA 1 Sugihwaras, Bojonegoro,
Jawa Timur

Salah satu aspek perkembangan yang perlu dikembangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah kognitif, yaitu proses berpikir berupa kemampuan menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan sesuatu. Perkembangan kognitif anak pada umumnya memiliki fase yang sama, yaitu melalui empat tahap mulai dari tahap sensorik motorik, pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal. Dari keempat tahapan yang telah disebutkan, pendidik dapat memberikan stimulasi kepada anak secara tepat dan tepat agar tidak berakibat fatal bagi anak. Anak belum mampu berpikir seperti orang dewasa pada umumnya. Anak Taman Kanak-Kanak (TK) berada pada tahap pra operasional, anak diberikan pengalaman konkrit yang dirasakan langsung oleh anak. Anak tidak dapat menerima materi/konsep yang dihafal, karena anak menjadi terbebani, bosan dan verbalismenya tidak cukup mampu.

Anak yang sedang belajar bilangan memulai dari benda nyata sebelum anak mengenal bilangan. Anak dapat belajar dengan tahapan enactive yaitu dengan benda konkret, ikonik dengan gambar dan simbolik dengan kata atau lambang. Berdasarkan teori tersebut, dalam proses pembelajaran berhitung sebaiknya pendidik secara langsung mengenalkan angka 1-10 melalui benda-benda konkrit, sehingga anak dapat melihat dan memegangnya secara langsung. Tentunya proses ini membutuhkan waktu yang lama dan merupakan proses yang bertahap.

Pengenalan angka 1-10 sebagai lambang bilangan benda, dapat dilakukan melalui bermain. Melalui bermain anak akan merasa kebutuhannya terpenuhi dalam belajar dan bermain di sekitar lingkungan anak (Sudaryanti, 2017:6), tentunya bermain yang dimaksud adalah yang mampu merangsang perkembangan kognitif anak. Kegiatan sambil bermain anak juga dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi anak, yang diperoleh dari bahan dan alat yang disiapkan oleh pendidik. Dalam bermain, anak juga memperoleh pengalaman berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan bermain akan membuat anak lebih aktif dan kreatif. Bermain merupakan pekerjaan anak, dengan tujuan mengembangkan kemampuan anak dengan menyenangkan. Jika anak yang kita ajar tidak mengalami masa kanak-kanak yang sesuai dengan dunia anak, maka kreativitas yang dimiliki anak akan hilang. Selain itu, anak dapat merasa tertekan, sehingga mengalami gangguan belajar atau gangguan perilaku.

Berdasarkan uraian di atas, bagi anak kelompok A1 di TK ABA 1 Sugihwaras Bojonegoro diterapkan metode pembelajaran melalui media papan flanel bilangan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan.

Menurut Ani Tri Astuti (2018), ia menyatakan bahwa media papan flanel memiliki warna yang menarik, dapat dilihat, disentuh, dan mudah ditempel dan dilepas. Penggunaan papan flanel dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih efisien dan menarik perhatian anak sehingga anak dapat termotivasi untuk mengikuti pelajaran tambahan. Melalui penggunaan media papan flanel, anak akan mendapatkan informasi tentang simbol-simbol selain itu yaitu angka dan tanda yang digunakan. Anak juga belajar dengan gambar-gambar yang disajikan di atas angka-angka sehingga mereka belajar dengan gambar-gambar sebelum menuju ke lambang-lambang abstrak berupa angka (lambang bilangan).

Ismail (2017), mengemukakan bahwa media papan flanel merupakan media grafis yang sangat efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat sehingga mudah disimpan. Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dihapus dengan mudah, sehingga dapat digunakan berkali-kali. Selain gambar, papan flanel juga bisa digunakan untuk menempelkan huruf atau angka sehingga memudahkan proses penyampaian materi. Sadiman, dkk (2017), mengemukakan bahwa papan flanel merupakan media grafis yang efektif untuk menyampaikan pesan tertentu kepada sasaran tertentu. Papan berlapis kain flanel ini praktis bisa dilipat. Gambar atau angka yang akan disajikan dapat dipasang dan dapat digunakan berkali-kali, untuk itu media papan flanel ini juga dapat digunakan untuk menempelkan huruf dan angka.

Daryanto (2020), mengemukakan bahwa papan flanel sering disebut sebagai papan visual, yaitu papan flanel yang dilapisi kain flanel atau kain berbulu dimana diletakkan potongan-potongan gambar atau lambang atau angka yang biasa disebut barang flanel.

Langkah-langkah penggunaan media papan flanel bilangan dalam pembelajaran anak kelompok A1 di TK ABA 1 Sugihwaras Bojonegoro adalah sebagai berikut: 1) Guru mengatur posisi duduk siswa. 2) Guru menyiapkan media papan flanel nomor yang akan digunakan dalam pembelajaran. 3) Memperkenalkan setiap siswa tentang kegiatan yang ingin mereka lakukan. 4) Libatkan siswa dalam penggunaan media papan flanel bilangan. 5) Mengamati anak dalam menggunakan media papan flanel bilangan. 6) Memberikan kesempatan dan dorongan motivasi kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar tentang kemampuan mengenal bilangan melalui media papan flanel bilangan. 7) Mengadakan berbagai kegiatan yang dapat memperkuat pemahaman siswa. 8) Evaluasi media papan flanel nomor.

Berdasarkan hasil kegiatan peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media papan flanel bernomor anak kelompok A1 di TK ABA 1 Sugihwaras Bojonegoro dapat disimpulkan bahwa media papan flanel angka digunakan oleh siswa secara individu. Penggunaan media papan flanel angka saat pembelajaran saat mengenalkan angka 1-10 dilakukan dengan beberapa kegiatan yang variatif selama pembelajaran yaitu mewarnai, kolase, melukis jari, dan meronce. Tujuan dari variasi kegiatan tersebut agar siswa tidak cepat bosan saat mengikuti pembelajaran. Selain itu pembelajaran juga diselingi dengan nyanyian “angka” untuk menambah pengalaman anak dalam belajar mengenal bentuk angka 1-10. Dengan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui media papan flanel bernomor, kemampuan mengenal angka anak kelompok A1 di TK ABA 1 Sugihwaras Bojonegoro berhasil.

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208672
Users Today : 862
This Month : 862
Total Users : 208672
Total views : 462587