MENGGALI PASSION PESERTA DIDIK
MELALUI PROJECT AKHIR SEMESTER
TATA KECANTIKAN

Oleh : Lilis Pujiastuti, S.Pd.
Guru SMKN 4 Surakarta,
Jawa Tengah

SMK Negeri 4 Surakarta merupakan salah satu sekolah pusat keunggulan yang wajib menerapkan kurikulum Paradigma Baru Merdeka Belajar bagi peserta didik khususnya tingkat X. Kurikulum ini bertujuan agar peserta didik tidak terbebani dalam belajarnya sehingga proses belajar merupakan pengalaman yang menyenangkan, inipun tersirat dalam penilaian yang mana pengambilan nilai tidak lagi diambil melalui nilai ulangan harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Penilaian Akhir Semester (UTS) yang masih berupa soal pilihan ganda atau uraian tetapi lebih kepada penilaian proses hasil belajar.

Hal ini mendasari kurikulum untuk membuat penilaian akhir semester gasal berupa Project Akhir Semester (PAS) yang dilakukan oleh seluruh peserta didik tingkat X (Fase E). Untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Spa Dan Kecantikan melakukan project yang berkolaborasi dengan beberapa mapel yaitu Bahasa Inggris (Greeting dan Convertation: dialouge therapist/cutomer service) dan Informatika (dokumentasi/foto: kejelasan obyek foto diri, deskripsi dan keterbacaan text).

SMK Negeri 4 Surakarta menerapkan penilaian akhir semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 bagi peserta didik berupa project yang disesuaikan dengan jurusan masing-masing. Pada jurusan Tata Kecantikan SMKN 4 Surakarta sudah memiliki 2 kelas industri yaitu kelas Larissa (kulit) dan kelas L’Oreal (rambut) maka untuk Project Akhir Semester (PAS) peserta didik disesuaikan dengan materi sesuai kelas industri masing-masing.

Project Kelas Industri Larissa

Project Akhir Semester (PAS) Tata Kecantikan dilaksanakan selama dua minggu. PAS minggu pertama dilaksanakan oleh tingkat XI kelas industri Larissa dan kelas industri L’Oreal pada tanggal 29 November 2021 sampai 3 Desember 2021. Adapun pelaksanaan dari PAS yaitu hari Senin, peserta didik melakukan kegiatan membuka soal dan mempersiapkan project untuk masing-masing kelas Industri. Hari Selasa hingga Jum’at kelas industri Larissa melaksanakan project sebagai seorang therapis yaitu perawatan wajah bermasalah sesuai dengan kondisi kulit wajah pelanggan mengacu pada Standart Operasinal Prosedur (SOP) yang ada di Larissa Aesthetic Center.

Kelas industri L’Oreal melakukan project sebagai Hair Dresser yaitu melakukan pewarnaan rambut sesuai dengan kodisi rambut pelanggan/ model dengan mengacu pada standart Operasional Prosedur (SOP) yang ada di L’Oreal Hairducation.

Kegiatan PAS ini peserta didik melakukan kegiatan sebagai seseorang yang bekerja dibidang kecantikan harus bisa menampilkan total performa (make up, hair do dan busana) dan greeting yang benar agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik (service exelent) sehingga pelanggan  merasa senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil akhir project yang telah dilakukan akan di dokumentasikan dan di upload pada e-learning dan sosial media instagram masing-masing peserta didik.

Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Project Akhir Semester (PAS) Tata Kecantikan pada penilaian akhir semester gasal oleh seluruh peserta didik tingkat X (Fase E) mampu menggali passion peserta didik jurusan Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Surakarta.

 

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208580
Users Today : 770
This Month : 770
Total Users : 208580
Total views : 462495