MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK
POTENSI KEWIRAUSAHAAN
SEKOLAH

Oleh : Kasmini Ustanti, S.Pd.SD.
Kepala SD 1 Soco Kecamatan Dawe, Kudus,
Jawa Tengah

Konsep Kewirausahaan

            Seseorang yang menciptakan dan menjalankan organisasi bisnis disebut wirausahawan, atau pengusaha (entrepreneur). Saat ini, istilah “wirausahawan” nampaknya lebih popular dibandingkan penggunaan istilah “pengusaha” sebagai arti dari “entrepreneur”.

Mengapa Menjadi Wirausahawan?

            Anda mungkin memikirkan banyak alasan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Namun, sebelum melakukannya, sebaiknya pertimbangkan pro dan kontra menjadi wirausahawan. Kuncinya adalah mengevaluasi apakah imbalan potensial lebih berharga bagi Saudara daripada risiko yang akan saudara hadapi. Imbalan Menjadi Wirausahawan. Anda mungkin berpikir kebanyakan orang menjadi wirausahawan adalah untuk menghasilkan uang. Bagaimanapun, mencari nafkah yang baik memungkinkan orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka alih-alih bergantung pada orang lain. Tetapi yang lebih sering, imbalan terbesar dari menjadi seorang wirausahawan adalah perasaan kemandirian yang dibawanya. Seringkali ada kepuasan pribadi yang datang dari memiliki kebebasan untuk membuat keputusan bisnis sendiri dan kemudian menindaklanjutinya. Selain itu, saudara dapat menampilkan bakat dan keterampilan saudara untuk dilihat keluarga dan teman Anda. Berikut ini beberapa keuntungan tambahan menjadi wirausaha (1) Membuat Aturan Sendiri. Ketika saudara memiliki bisnis, saudara adalah menjadi bos sendiri. Bergantung pada bisnis Anda, Anda dapat memutuskan jenis jadwal Anda bekerja, di mana Anda bekerja, dan bagaimana dan kapan Saudara dibayar. Saudara juga memutuskan kata akhir produk atau layanan mana yang disediakan bisnis dan bagaimana mereka disediakan. (2) Melakukan Pekerjaan yang Saudara senangi. Mayoritas kehidupan kebanyakan orang dihabiskan untuk bekerja. Mengapa tidak menghabiskan waktu itu untuk melakukan sesuatu yang Saudara senangi? Orang cenderung lebih fokus dan termotivasi Ketika mereka menyenangi pekerjaan mereka. Ini membantu bisnis untuk berhasil. (3) Menciptakan Kekayaan Yang Lebih Besar. Biasanya, karyawan hanya dapat memperoleh gaji yang bersedia dibayarkan oleh perusahaan. Namun, tidak ada batasan untuk apa yang bisa dilakukan oleh seorang wirausahawan. Pengusaha atau wirausahawan juga dapat melakukan lebih dari sekedar mencari nafkah dari pendapatan bisnis tahunan mereka.Membantu masyarakat. Menjadi pengusaha atau wirausahawan membuka peluang yang dapat membantu masyarakat dan dunia di sekeliling Saudara menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup. Misalnya, wirausahawan membantu orang lain dengan menyediakan produk atau layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka juga menciptakan lapangan kerja. Wirausahawan sering mendapatkan kepuasan pribadi dan pengakuan masyarakat berkat waktu dan uang yang mereka sumbangkan untuk tujuan yang bermanfaat.

Membangun Jiwa Wirausaha di Sekolah

            Penjelasan kewirausahaan menurut  Steve Mariotti (2010), dapat dijadikan salah satu acuan dalam membangun jiwa wirausaha di sekolah yang merujuk pada dimensi kompetensi kewirausahaan yang harus dimiliki seorang kepala sekolah sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007, tentang Standar kompetensi Kepala Sekolah, adalah sebagai berikut: 1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah, 2.Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif, 3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah, 4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah, 5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik

 

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208614
Users Today : 804
This Month : 804
Total Users : 208614
Total views : 462529