KEMITRAAN SEBAGAI
BASIS PENGEMBANGAN
KUALITAS SEKOLAH

Oleh : Kusriyati, S.Pd.
Kepala SDN 1 Pamotan, Pamotan, Rembang,
Jawa Tengah

Kemitraan adalah kerjasama baik individu, lembaga, kelompok, bahkan negara, yang memiliki tujuan tertentu tanpa memandang pangkat atau status jabatan. Tujuan dari kemitraan adalah agar kedua belah pihak saling membantu untuk memperoleh kemakmuran dan mewujudkan tujuan bersama. Kemitraan harus dibangun dengan orang tua, siswa dan guru dalam rangka mewujudkan kualitas pendidikan di sekolah (Artanaa, 2018).

Artanaa (2018) menambahkan bahwa masyarakat beranggapan bahwa pendidikan anak-anaknya adalah tanggung jawab sekolah sepenuhnya. Sehingga mereka menjadi mandiri dari tanggung jawab mendidik anak. Hal ini berdampak pada tingkat partisipasi orang tua dalam kemajuan pendidikan anak yang sangat rendah. Mereka sangat jarang menghadiri pertemuan yang diadakan oleh sekolah. Orang tua siswa tampak apatis dan tidak mau tahu tentang kendala yang dihadapi pihak sekolah. Mereka juga kurang menyadari bahwa pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilakukan secara kolaboratif untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.

Berdasarkan hal tersebut di atas, kepala SDN 1 Pamotan Kec. Pamotan Kab. Rembang melaksanakan kemitraan sebagai dasar pengembangan mutu sekolah dengan tujuan (1) meningkatkan kesadaran guru dan orang tua siswa tentang perannya dalam peningkatan mutu pendidikan. (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan proses pembelajaran. (3) Meningkatkan motivasi guru untuk belajar dan meningkatkan kemampuan profesionalnya. (4) Menciptakan pola kemitraan dan komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, dan masyarakat khususnya orang tua siswa. (5) Meningkatkan keterlibatan partisipatif masyarakat, khususnya orang tua siswa dalam pendidikan anak.

Menurut Urani (2019), kesediaan untuk bermitra bukanlah dominasi satu pihak, tetapi harus dimiliki secara merata oleh sekolah, orang tua, dan masyarakat. Ketika sebuah komunitas memutuskan untuk membentuk kemitraan, perlu dipahami pentingnya peran masing-masing pihak, pemahaman dalam mencapai tujuan, dan mampu mengetahui secara dekat keadaan lingkungan sekitar. Tanpa mengabaikan semangat komunitarian, kemitraan masyarakat dalam dunia pendidikan juga harus dilakukan secara profesional yang diwujudkan dengan prinsip akuntabilitas. Setidaknya sekolah sebagai pemrakarsa dalam hal ini juga memahami prinsip dasar komunikasi dengan baik, karena kunci dalam membangun kemitraan adalah komunikasi.

Secara empiris pendekatan kemitraan ini diambil berdasarkan pengalaman masyarakat yang sangat sulit menerima perubahan dan cenderung memiliki cara pandang yang sempit dalam menerima informasi, sehingga pendekatan interpersonal mengajak masyarakat untuk berbicara dari hati ke hati. Pendekatan ini ternyata sangat efektif karena mereka menjadi lebih terbuka dan mau memberikan ruang untuk diskusi. Dalam proses diskusi ditekankan pentingnya peran mereka dalam program yang dijalankan sehingga mereka merasa dihargai dan dibutuhkan (Slameto, 2018).

Memahami semua permasalahan tersebut maka kepala SDN 1 Pamotan Kec. Pamotan Kab. Rembang menggunakan pendekatan interpersonal melalui kunjungan rumah. Kegiatan ini merupakan aplikasi nyata dari pendekatan kemitraan dalam rangka menciptakan keterbukaan antara orang tua dan sekolah. Kunjungan rumah merupakan solusi efektif untuk menjembatani komunikasi dan hubungan persahabatan antara orang tua dan sekolah yang pada gilirannya dapat membangun hubungan saling percaya. Melalui hubungan saling percaya ini, sekolah dapat dengan mudah menanamkan pengertian dan mendorong orang tua untuk terlibat aktif dalam memajukan pendidikan anak-anaknya baik di dalam maupun di luar sekolah.

Kunjungan sekolah pada dasarnya merupakan kegiatan yang dirancang sebagai kegiatan lanjutan dari kunjungan rumah. Jika pada saat kunjungan rumah sekolah dituntut untuk terlibat aktif dalam berkomunikasi dan memberikan pengertian kepada orang tua, maka pada saat kunjungan sekolah, orang tua didorong untuk terlibat langsung dan aktif dalam memberikan dukungan terhadap proses belajar anak di sekolah. Melalui kehadiran langsung orang tua di sekolah, mereka dapat dengan leluasa melihat dan memahami proses belajar mengajar yang dilakukan oleh sekolah. Hal ini sangat penting untuk membangun pemahaman mereka tentang tugas guru dalam mendidik anak yang dapat menumbuhkan rasa simpati dan penghargaan terhadap profesi guru. Selain itu, kegiatan school visit berimplikasi positif untuk membangun interaksi dan keterlibatan aktif dari orang tua sehingga dapat merasa terlibat dalam proses pendidikan anak di sekolah. Dalam kunjungan sekolah ini, orang tua juga dapat langsung memberikan masukan kepada kepala sekolah dan guru mengenai harapan mereka terkait pendidikan anak.

Kunjungan rumah memberikan hasil yang positif, yaitu: a) Terjalinnya komunikasi dan persahabatan yang baik antara guru dan orang tua. b) Orang tua siswa berperan aktif dalam mengawasi proses belajar anak di rumah. c) Terciptanya rasa saling percaya (trust) antara orang tua dan guru. d) Orang tua dapat menjadi pendukung yang efektif dalam membantu guru meningkatkan prestasi belajar siswa.

Orang tua siswa menjadi lebih bisa memahami dan menghayati tugas sekolah dan guru dalam mendidik anak. Orang tua dapat memantau secara langsung proses belajar mengajar yang dilakukan oleh pihak sekolah. Orang tua dapat langsung memberikan masukan untuk peningkatan pendidikan anak.

Kegiatan kunjungan sekolah meningkatkan pemahaman dan apresiasi orang tua terhadap tugas sekolah dan guru dalam mendidik anak, orang tua dapat memantau langsung proses belajar mengajar yang dilakukan sekolah, orang tua dapat langsung memberikan masukan untuk peningkatan pendidikan anak, dan sekolah dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan orang tua siswa di dalam dan di luar sekolah. Demikian upaya Kepala SDN 1 Pamotan Kec. Pamotan Kab. Rembang menjalin kemitraan sebagai dasar untuk mengembangkan kualitas sekolah ini dengan sukses.

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208692
Users Today : 882
This Month : 882
Total Users : 208692
Total views : 462607