Ide Kreatif Guru SDN Celep 01 Meningkatkan
Keakraban Antara Guru dan Siswa

Sragen- Pelaksanaan acara tukar kado di SDN Celep 01 yang berlangsung dengan meriah sebagai sarana untuk meningkatkan keakraban serta kedekatan antara guru dan siswa. (31/01)

G u r u m e r u p a k a n s o s o k p a h l a w a n t a n p a t a n d a j a s a yang bertugas mendidik dan mencerdasakan peserta didik. Di sekolah pun mereka tidak hanya bertugas menjadi tenaga pendidik.

Guru juga harus dapat berperan sebagai orang tua di sekolah bagi siswa. Kedekatan serta keakraban antara guru dan siswa di sekolah harus ditanamkan. Sebab dengan adanya kedekatan maka siswa akan merasa nyaman dan semangat dalam belajar di sekolah. Guru juga harus pintar-pintar dalam membangun kedekatan dengan siswa. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membangun kedekatan dengan siswa. Seperti halnya di SDN Celep 01, guru menggunakan ide yang kreatif untuk meningkatkan keakraban dan kedekatan antara guru dan siswa.

SDN Celep 01 merupakan salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen. Di sekolah ini ada kegiatan rutin setiap hari Jumat yaitu kegiatan kerja bakti, tukar kado, serta dilanjutkan pembelajaran di dalam kelas. Kerja bakti dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah ini diikuti oleh seluruh warga sekolah. Beberapa bulan sekali juga diadakan acara tukar kado. Tukar kado ini merupakan ide dari guru serta diikuti oleh guru dan siswa. Kriteria kado yaitu berikan yaitu kado yang berisi snack atau makanan ringan dengan harga minimal Rp3000 dan maksimal Rp5000. Namun, kadang kala ada pula orang tua yang memberikan kado dengan harga yang lebih agar siswa merasa senang.

D i d i k J a n u a r i , S . P d . I menjelaskan bahwa tujuan dari adanya acara tukar kado ini yaitu sebagai sarana untuk refreshing bagi siswa. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kedekatan serta keakraban antara guru dengan siswa dan antara siswa yang satu dengan yang lain. Acara tukar kado diawali dengan seluruh guru dan siswa mengumpulkan kado yang dibawa menjadi satu di halaman sekolah. Pengambilan kado diurutkan dari siswa kelas I dan dilanjutkan hingga kelas VI. Siswa yang mendapat giliran mengambil kado, akan ditutup matanya agar terkesan lebih adil serta tidak pilih-pilih. Siswa pun tampak antusias serta semangat dalam mengikuti acara ini. (TN & PW/VD)

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208630
Users Today : 820
This Month : 820
Total Users : 208630
Total views : 462545