Harmonisasi Manusia dan Lingkungan Alam
SMPN 1 Teras

Boyolali – Sesuai dengan surat edaran dari Dinas Lingkungan Hidup tahun 2016 SMPN 1 Teras resmi menjadi perwakilan Kabupaten Boyolali dalam program sekolah adiwiyata. Seluruh warga sekolah bekerjasama mendukung program ini. Kegiatan adiwiyata berupa pengolahan sampah, penanaman pohon, dan pengurangan sampah plastik. Sekolah sudah menerapkan 3R : Reduce, Reuse, dan Recycle. Penyediaan tempat sampah disesuaikan dengan jenis sampah seperti plastik, kaca, organik, dan kertas.

Sebelum berakhir pada TPA, sampah masih harus dipilah untuk penerapan 3R tersebut seperti sampah organik berupa daun dan sejenisnya akan diolah menjadi pupuk kompos yang bernilai ekonomi. Melalui pemanfaatan perkembangan teknologi, pupuk kompos dapat dijual pada situs online. Hasil kegiatan penjualan akan digunakan sebagai pendanaan adiwiyata sekaligus pembelajaran entrepreneur bagi siswa.

Kegiatan lain berupa penerapan green house yang berisi tanaman hias mulai dari mawar, anggrek, bunga sepatu, dan sebagainya. Pengembangan teknologi pertanian hidroponik dengan memanfaatkan pipa bekas terletak di beberapa sudut sekolah.

Pemetaan tanah dilakukan sesuai dengan kebutuhan yaitu tanaman buah, tanaman obat, dan umbi-umbian yang mempunyai nilai ekonomi selain dari penjualan pupuk. Pembelajaran tata boga pengolahan bahan lokal seperti umbi-umbian diolah menjadi makanan tradisional maupun modern sebagai pelaksanaan program.

Pembiasaan sekolah adiwiyata dilakukan oleh warga sekolah. Setiap orang diwajibkan membawa satu tanaman, sedangkan untuk perawatan lingkungan diwajibkan membawa satu botol untuk menyirami tanaman yang ada. Kegiatan ini sudah berlangsung selama 5 tahun. Setiap hari jumat sekolah ini mengadakan jumat bersih dan jumat sehat yang dicanangkan untuk menjaga lingkungan dan kesehatan.

Sekolah adiwiyata ini mendapatkan berbagai penghargaan. Tahun 2017 mendapat penghargaan dari Bupati Boyolali Seno Samodro, tahun 2018 mendapatkan penghargaan tingkat Provinsi Jawa Tengah sedangkan di tahun 2022 akan menuju event adiwiyata tingkat nasional yang persiapannya sejak satu tahun sebelumnya.

“Sesuai dengan visi sekolah yaitu mewujudkan peserta didik yang religius, berbudi luhur, berprestasi dan berwawasan lingkungan SMPN 1 Teras berusaha menciptakan lingkungan yang harmonis antara manusia dan kehidupan alam. Sekolah yang asri dan rindang dapat mngoptimalkan kegiatan KBM.” Tutur Wahyu Wibowo selaku Wakil Kepala bagian kesiswaan SMPN 1 Teras (06/01/2022). (RT & RH)

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208702
Users Today : 892
This Month : 892
Total Users : 208702
Total views : 462617