GEMERLAP (GERAKAN MERDEKA
LITERASI AKSI PELAJAR) KARYA
PESERTA DIDIK SMAN 1 GRESIK DI
MASA PANDEMI

Oleh : Choirotin Nisak, S.S.
Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Gresik,
Jawa Timur

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 sebagai upaya untuk menumbuhkan budi pekerti anak luhur dan senang membaca. Dengan GLS diharapkan bisa menumbuhkan karakter budi pekerti luhur sesuai pendidikan karakter yang di gemborkan pendidikan saat ini. GLS akan memberi efek motivasi pada peserta didik untuk membaca buku yang bisa menumbuhkan budi pekerti secara mandiri. Kegiatan literasi ini tidak hanya membaca buku atau sejenisnya, akan tetapi dilanjutkan dengan menulis. Menulis pengalaman pribadi yang dilandasi dengan ketrampilan atau kiat mengubah, meringkas, memodifikasi, menceritakan kembali setelah membaca. Keterampilan menulis peserta didik diharapkan bisa menumbuhkan ide untuk mencipta karya yang bisa dibukukan.

SMA Negeri 1 Gresik telah melaksanakan GLS di bawah naungan perpustakaan sekolah dengan diawali program pojok membaca atau pojok perpustakaan. Program pojok baca dilaksanakan dengan aksi nyata setiap kelas memiliki koleksi buku-buku sebagai bahan baca dan mengispirasi peserta didik. Salain pojok baca sekolah melaksanakan program 15 menit wajib membaca sebelum pembelajaran pagi dimulai. Program menulis buku oleh peserta didik dimotori oleh Duta Baca perpustakaan SMAN 1 Gresik pada tahun 2016 yang dibimbing langsung oleh pegiat literasi Indonesia Ibu Sirikit dengan lembaganya SSW (Sirikit School of Writing). Pada awal proses pendampinan komunitas duta baca menghasilkan sebuah buku antologi dengan judul Misteri Berdebu. Sukses mengorbitkan buku antologi dilanjutkan program Satu Kelas Satu Buku dengan model Antologi. Semenjak di proklamirkan GLS SMAN 1 Gresik dengan lokomotif duta baca sejak tahun 2017 sampai sekarang secara rutin menghasilkan berbagai karya. Tidak hentinya sebagai penggiat literasi sekolah, duta baca bekerjasama dengan para penulis ahli, jurnalis, dan penerbit buku.

Saat pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk tetap berkarya bagi guru maupun peserta didik. GLS SMAN 1 Gresik. Duta baca perpustakaan sekolah tetap aktif menjalankan program Satu Kelas Satu Buku memiliki tujuan menumbuhkan budaya membaca dan menulis pada siswa baru kelas X. Gemerlap 2021-2022 (Gerakan Merdeka Literasi Aksi Pelajar) menjadi tema GLS. Gemerlap terispirasi dari program Sekolah Penggerak dengan kurikulum paradigma baru dengan merdeka belajarnya telah memberikan kesempatan peserta didik untuk bebas mengekspresikan pemikiran mereka dalam literasi menulis. Dalam program Gemerlap 2021-2022. Peserta didik diberi pelatihan menulis artikel, cerita pendek, dan puisi. Kegiatan didukung oleh para jurnalis Radar Gresik dan penerbit Klik Media. Proses pendampingan dilaksankan selama 2 bulan sejak bulan  November 2021 sampai dengan Desember 2021.

Hasil pendampingan menulis Gemerlap 2021-2022 menyajikan berbagai karya peserta didik dari dua belas kelas X.1 – 12. Dari dua belas kelas tersebut, empat kelas menyajikan antologi artikel dengan judul, PSBB (Pengetahuan Sosial Budaya Bangsa), Artemi (Artikel Ekonomi), Pendidikan dalam Kaca Mata Bangsa, dan Milenial Tanggap Kesehatan. Empat kelas menulis antologi cerita pendek dengan judul Tentang Kita, Penghayal Handal, Cerita dari Kami, dan Lima Garis. Adapun empat kelas lainnya menulis antologi puisi dengan judul Untaian Rasa, Serangkai Sajak, , Kenangan dan Cinta, dan Chilpasara.

Launching Karya Gemerlap 2021-2022 telah dilaksanakan pada hari Kamis 20 Januari 2022 yang dihadiri dan diresmikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Ibu Suhartatik, S. Pd, M. Psi., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik, bapak Kiswanto, S. Pd, M. Pd., dan disaksikan serta dimeriahkan oleh peserta didik kelas X dan seluruh Guru dan Karyawan SMAN 1 Gresik di Aula Sekolah.

Dalam sambutannya, Ibu Suhartatik sangat gembira dan mengapresiasi karya putra purti SMA Negeri 1 Gresik yang luar biasa penuh dengan inspirasi dan ditampilkan dalam drama singkat dengan tema Mozaik Puisi, Cerpen, dan Artikel yang diakhiri dengan peluncuran buku oleh para model dari peserta didik dengan tema Wonderland Indonesia dengan nuansa budaya Indonesia yang sangat apik dan gemerlap sesuai dengan tema literasi tahun ini yaitu Gemerlap 2021-2022. Beliau mengatakan bahwa setiap sekolah harusnya memiliki sebuah ciri khas yang bisa diandalkan sebagai salah satu program sekolah, dan SMAN 1 Gresik telah berhasil mengangkat literasi menulis Satu Kelas Satu Buku sebagai program unggulan sekolah.

Gerakan Literasi Sekolah di SMAN 1 Gresik setiap tahun semakin berbobot dan lebih baik dalam menulis buku. Gerakan Merdeka Literasi Aksi Pelajar diharapkan tetap berlanjut sehingga dapat menumbuhkaan kemampuan untuk membuka wacana dan pengetahuan peserta didik lebih terbuka luas.

 

 

 

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208618
Users Today : 808
This Month : 808
Total Users : 208618
Total views : 462533