EVALUASI
PEMBELAJARAN DI TK

Oleh : Nana Yuliani Budi Astuti S.Pd.
NIP. 19810725 200312 2 007
Guru TK Aisyiyah BA Nangsri, Kebakkramat,
Jawa Tengah

 Pengertian Dasar Evaluasi Di Tk

Penilaian atau evaluasi di TK merupakan usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan daan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan belajar. Penilaian ini juga merupakan upaya untuk mendapatkan informasi atau data secara menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian anak terhadap proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai melalui proses pembelajaran, meliputi perkembangan fisik motorik, sosial, emosi, kognitif, moral, dan nilai-nilai agama, serta seni.

  Prinsip-Prinsip Evaluasi Di Tk

Adapun prisip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi di TK adalah sebagai berikut ;

  1. a)Berpusat anak.

Penilaian yang dilakukan hendaknya berpusat pada semua aktifitas yang di lakukan oleh anak. Penilain bertugas melakukan pengamatan terhdap semua aktifitas yang di lakukan oleh anak setiap saat, dimana saja dan kapan saja tampa harusmenggangu waktu yang telah di tentukan atau di jadwalkan.

  1. b)Berkesinambunga

Penilaian di lakukan secara berencana, bertahap dan terus-menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan proses belajar anak didik.

  1. c)Menyeluruh atau keterpaduan.

Perubahan prilaku dalam tujuan pembelajaran perlu di capai secara menyeluruh baik yang menyangkut pengetahuan, sikap, prilaku, nilai, serta keterampilan. Penilain bersifat menyeluruh apabila penilaian di gunakan mencakup aspek proses dan hasil pengembangan yang secara bertahap menggambarkan perubahan prilaku.

  1. d)Lebih mementingkan proses dari pada hasil

Penilain pada anak sebaiknay mementingkan pada pengamatan yang dilakukan selama prose yang berlangsung dan bukan pada hasil akhrinya saja. Penilain yang paling baik  dilakukan saat anak melakukan aktifitas belajar dan bermain. Untuk itu penilaian di lakukan tidak selalu’’ paper and pencilpes’’, tetapi lebih kepada pengamatan secara lamhsung terhadap aktifitas anak.

  1. e)Berorinetasi pada tujuan.

Penilaian di tk berorientasi kepada kompetensi yang di harapkan, proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. f)Objektif dan alamiah.

Dalam melakuakn penilain di uasahakan seobjektif mungkin yaitu penilai hanya memperhatiakn obejnya. Perasaan-perasaan, keinginan-keingina, prasangka-prasangka penilai sedapatkan mugnkin harus di kesampingkan pada saat menilai. Penilai juga harus memperhatiak perbedaan-perbedaan yang keunikan perkembangan setiap anak, sehingga penilai tidak memberikan penafsiran yang sama pada setiap anak.

  1. g)Mendidik

Hasil penilai harus dpaat digunakan untuk membina dan memberikan dorongan kepada semua anak dalam menigkatkan hasil pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, hasil penilain harus di  nytakan dan dapat di rasakan sebagai penghargaan bagi anak yang belum berhasil. Dengan demikian, usaha penilaian dalam memperkuat prilaku dan sikap yang positif.

  1. h)Konsiten dan jujur.

Penilai yang dilakukan oleh dua orang penilai akan lebih dapat di  di pertanggung jawabkan ketika membuat rekomendasi atau menentuksn tindak lanjut.

  1. i)

Hasil penilain harus bermakna bagi giri, orangtua, anak didik dan pihak-pihak lain yang membutuhakn utnuk menignktakan pertumbuhndan perkembangan anak.

  1. j)

Penilaian harus memperhatikan adanya keseian antara apa yang di ajarkan di tk dengan laporan yang di buat. 

 

Karakteristik Dan Manfaat Evaluasi Di Tk

  1. Memiliki implikasi tidak langsung terhadap siswa yang di evaluasi

Hal ini biasanya terjadi apabila guru melakukan penilaian yang tidak tampak terhadap diri siswanya.

  1. Lebih bersifat tidak lengkap

Karena evaluasi tidak dilakukan secara kontiniu maka, hanya merupakan sebagai fenomena saja atau evaluasi hanya sesuai dengan pertanyaan item  yang direncanakan oleh guru.

  1. Mempunyai sifat kebermaknaan relatif

Hasil evaluasi tergantung pada tolak ukur yang digunakan oleh guru, dan evaluasi tergantung dengan tingkat ketelitian alat ukur yang digunakan. 

Manfaat Evaluasi di Taman Kanak-Kanak

Penilaian terhadap suatu program pendidikan akan sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian dapat membantu meningkatkan kualitas program maupun kegiatan belajar anak peserta program pendidikan. Bagi guru, penilaian merupakan alat bantu dalam memperbaiki pendidikan dan pembelajaran anak  didiknya.

Penialaian di taman kana-kanak bermanfaat untuk mengetahui tingkat perkembangan anak yang dicapai selama proses belajar mengajar dilakukan, apakah seluruh aspek perkembangan anak berkembang dengan baik atau tidak, guna untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan nasional pada umumnya. 

 

Penggunaan Hasil Evaluasi di Taman Kanak-Kanak

Hasil evaluasi di taman kana-kanak digunakan sebagai :

  1. Untuk menentukan mampu tidaknya anak untuk memasuki usia sekolah dasar.
  2. Untuk mendiagnosa atau remedial.
  3. Perlu tidaknya suatu tema dalam pelajaran anak untuk diulang.
  4. Membangkitkan motivasi anak dalam belajar
  5. Memberikan laporan kepada orang tua anak.

 

Unduh Majalah Edukasi kami Sekarang

Jadilah Member sekarang dan dapatkan akses untuk mengunduh Majalah Edukasi kami secara online.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi login ke Member Area. Atau tekan tombol di bawah ini untuk langsung masuk ke Member Area kami.

www.majalahedukasi.co.id

Majalah
Edukasi

CONTACT US

Majalah Berita dan Pengembangan Profesi.
Contact Person: 081-393-215921
Email: majalahedukasi21@gmail.com

OUR LOCATION

Jl. Merbabu Raya no 18 RT 7 RW 8 Mojosongo Jebres Surakarta 57127

No. ISSN: 1979-1771

208619
Users Today : 809
This Month : 809
Total Users : 208619
Total views : 462534